No. HP Nandurwit: +62822 3055 2930

Tips dan Trik Membuka Stan Pameran Dalam dan Luar Negeri Gratis

Pameran merupakan ajang promosi produk dengan tema event khusus dan mengumpulkan banyak pelaku usaha untuk membuka stand serta mengundang banyak potensial buyer dalam dan luar negeri. Tujuan pelaku usaha mengikuti pameran adalah agar produk atau brandnya lebih dikenal, menjual produk bahkan mencari kerjasama jual beli dalam jangka panjang, mendapat networking sesama pelaku usaha, melihat trend usaha sejenis, mendapat inspirasi, dll. Namun pada kenyataannya sewa stand pameran bergengsi bukan hal murah dan bahkan sering kali pengunjung yang hadir ke pameran tidak ramai. Alhasil tujuan mengikuti pameran untuk meningkatkan volume penjualan tidak tercapai.

Jangan kecewa bagi UKM yang berminat mengikuti pameran secara gratis, masih banyak tips dan trik untuk mengikuti pameran lebih murah bahkan gratis berikut tipsnya:

  1. Tergabung dalam asosiasi atau komunitas bisnis. Disini banyak informasi update terkait jadwal pameran dan difasilitasi banyak hal seperti peralatan penunjang membuat stand. Bahkan untuk menekan biaya pembuatan stand, dikoordinasikan kepada anggota komunitas untuk menyewa 1 stand untuk beberapa UKM. Sewa stand 15 juta di TEI bisa ditekan untuk 5 Tim. Dan biasanya pemerintah menyalurkan dana bantuannya kepada asosiasi atau komunitas.
  2. Memanfaatkan program kemitraan yang sudah ada di pemerintah seperti Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi & UMKM dll. Melalui program ini UKM bisa mendapatkan pembinaan, maupun mendapatkan fasilitas gratis mengikuti pameran nasional hingga Internasional. Setelah UKM memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), merek dan izin halal untuk kuliner, UKM diarahkan untuk mengikuti sejumlah pembinaan dengan dinas terkait. Pada akhirnya akan diseleksi UKM mendapat fasilitas pameran gratis adalah jenis usaha produksi, berbahan baku lokal, menyerap tenaga kerja, memiliki produk berkualitas, unik dan punya potensi terserap di pasar luar negeri serta telah menjalankan bisnisnya selama kurang lebih 2 tahun. Jenis pameran yang difasilitasi untuk UKM terseleksi yaitu pameran yang diadakan sendiri oleh dinas terkait, atau pameran skala nasional atau internasional yang sifatnya partisipasi.
  3. Mengikuti pola kemitraan atau pembinaan baik dari BUMN, maupun dari pihak swasta melalui program CSR (Corporate Social Responsibility). Mengirimkan proposal pengajuan dan video yang menggambarkan produk anda.

Fasilitas yang diberikan pemerintah terkait pameran yaitu memberikan fasilitas biaya perjalanan, serta menggratiskan biaya kargo dan stan pameran kepada mitra binaannya. Namun ada yang skemanya hanya memberikan subsidi sebagian misalnya untuk pameran di luar Asia Tenggara, Kementerian memberikan subdisi 50% biaya perjalanan. Beberapa pameran yang bisa diikuti seperti :

  1. Pameran oleh dinas Kemenperin yaitu : Kemenperin di Plasa Industri Kemenperin RI (Aneka Produk Industri Kreatif, Makanan dan Minuman, Batik Warisan Budaya, Bazar Lebaran, Industri Kreatif, Pameran Alat Mesin Pertanian dll), dan pameran Bazar yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM setempat.
  2. Pameran nasional yang sifatnya partisipasi yaitu : (INACRAFT, Indonesia International Furniture Expo (IFEX), AGRINEX, Gelar Batik Nusantara, International Furniture Craft Fair Indonesia (IFFINA), Indonesia Fashion Week, ICRA, Sial Interfood, Trade Expo Indonesia dll)
  3. Pameran internasional yang sifatnya partisipasi yaitu : pameran luar negeri seperti di Birmingham, Qatar, Australia, Korea, Las Vegas, Dubai, China, Hongkong, Vietnam, Malaysia.

Tinggalkan Balasan

BERKUALITAS, BERSAING, BAROKAH
Sekumpulan anak muda yang tertarik dan menggeluti dunia pertanian di derah Probolinggo. Berinovasi mengelola Sengon tumpang sari dengan rempah-rempah. Tidak berhenti disana, kami menganalisa, dan mendalami permasalahan pertanian dari mulai budidaya, penanganan pasca panen, pasar komoditas pertanian dan inspirasi bisnis pertanian sukses melalui tulisan dan video. Mimpi kami, menginspirasi pemuda Indonesia untuk bertani, petani untuk mensuplai komoditas berkualitas ekspor dan memandang pertanian sebagai bisnis yang harus dikelola secara professional.
Berlangganan Nandurwit via Email
Daftarkan emailmu dan dapatkan informasi terbaru dibidang pertanian, baik event, harga bibit terbaik, dll.
LOCATION
 Perum Leces Permai A No. 25 RT. 001 RW. 006
Leces Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Indonesia  +62822 3055 2930

Apabila Ada kendala dalam pembelian, Anda bisa melakukan pembeliannya via WhatsApp dengan 087 750 118 140 Dismiss

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.

Cart