No. HP Nandurwit: +62822 3055 2930

Pasca Panen Tanaman Bawang

Hasil panen tanaman bawang diambil bagian tanaman yang berupa umbi atau batang (semu) dan daun. Umbi berapa di dalam tanah bersama dengan akar. Bawang yang diambil umbinya ialah bawang merah, bawang putih dan bawang bombai, sedangkan yang diambil daun atau batang semunya ialah bawang daun. Ketepatan waktu panen sangat mempengaruhi kuantitas dan kualitas bawang yang dihasilkan. Pemanenan yang terlalu cepat, berarti umbi yang diambil masih muda dan belum berisi optimal. Umbi semacam ini juga mudah mengalami kerusakkan selama proses peengeringan seperti mudah keriput, susut dll. Sebaliknya pemanenan yang terlambat akan mengakibatkan penurunan kualitas umbi seperti tumbuh akar baru pada umbi, suing bawang terlepas dll. Pemanenan bawang juga sangat tergantung pada tujuannya pasca panennya yaitu untuk konsumsi atau untuk keperluan bibit.

Ada berbagai jenis bawang yang dibudidayakan oleh petani di Indonesia yaitu :

  1. Bawang Putih, umur panen tanaman bawang putih konsumsi di dataran tinggi yaitu 105 – 120 hari setelah tanam, sedangkan di dataran rendah yaitu ± 85 hari setelah tanam. Ciri-ciri panen yaitu : daun menguning dan mengering antara 60 % – 90 %. Batang mulai mongering dan rebah, pangkal batang menjadi lemah. Umbi sudah memadat, tetapi kulit umbi belum retak dan suing belum lepas. Sedangkan untuk keperluan bawang putih sebagai bibit maka diperlukan masa tanam yang lebih lama dari waktu panen.dengan masa simpan bibit mencapai 2 -6 bulan.
  2. Bawang Merah, umur panen tanaman bawang merah konsumsi antara 60 – 90 hari setelah tanam. Ciri-ciri panen yaitu : daun menguning antara 60 % – 75 % dan tanaman cukup tua. Batang Nampak lemah sehingga daun pun rebah. Umbi sudah memadat, berisi dan apabila umbi keluar dari tanah warnanya nampak cerah. Sedangkan untuk keperluan bawang merah sebagai bibit maka diperlukan masa tanam yang lebih lama dari waktu panen.dengan masa simpan bibit mencapai 6 – 8 bulan.
  3. Bawang Bombai, umur panen tanaman bawang bombai konsumsi antara 4 – 5 bulan. Ciri-ciri panen yaitu : daun mulai menguning, terkulai tetapi daun belum mengering. Batang mulai menyusut dan lemah. Umbi telah berisi dan agak mengeras serta warnanya cerah. Sedangkan untuk keperluan bawang merah sebagai bibit maka diperlukan masa tanam yang lebih lama dari waktu panen.dengan masa simpan bibit mencapai ± 6 bulan.
  4. Daun bawang Umur Panennya 2,5 bulan setelah tanam. Ciri-ciri panen yaitu : jumlah anakan maksimal (7-10 anakan), dan beberapa daun menguning. Daun bawang dipanen dengan cara seluruh rumpun dibongkar dengan cangkul/kored di sore hari/pagi hari dan dipasok ke penjual dalam keadaan bersih tanpa akar dari tanah.

Cara pemanenan bawang yaitu dengan mencabut bersama batang dalam satu rumpun. Pemanenan dilakukan saat tanah kering, tidak hujan sehingga tanah mengeras, dilakukan dengan menggunakan songklet/solet atau pengungkit, guna memperkecil kerusakkan umbi selama proses pemanenan. Setelah itu dilakukan proses penjemuran yang bertujuan untuk menurunkan kadar air bawang, mulai daun, batang hingga bagian kulit umbi dan agar umbi tidak mudah busuk/tidak mudah terserang cendawan. Pengeringan umumnya dilakukan dengan cara menjemur di bawah sinar matahari. Pada cuaca cerah pengeringan berlangsung 3 – 4 hari.

Tinggalkan Balasan

BERKUALITAS, BERSAING, BAROKAH
Sekumpulan anak muda yang tertarik dan menggeluti dunia pertanian di derah Probolinggo. Berinovasi mengelola Sengon tumpang sari dengan rempah-rempah. Tidak berhenti disana, kami menganalisa, dan mendalami permasalahan pertanian dari mulai budidaya, penanganan pasca panen, pasar komoditas pertanian dan inspirasi bisnis pertanian sukses melalui tulisan dan video. Mimpi kami, menginspirasi pemuda Indonesia untuk bertani, petani untuk mensuplai komoditas berkualitas ekspor dan memandang pertanian sebagai bisnis yang harus dikelola secara professional.
Berlangganan Nandurwit via Email
Daftarkan emailmu dan dapatkan informasi terbaru dibidang pertanian, baik event, harga bibit terbaik, dll.
LOCATION
 Perum Leces Permai A No. 25 RT. 001 RW. 006
Leces Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Indonesia  +62822 3055 2930

Apabila Ada kendala dalam pembelian, Anda bisa melakukan pembeliannya via WhatsApp dengan 087 750 118 140 Dismiss

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.

Cart