No. HP Nandurwit: +62822 3055 2930

Mengenal Zat yang Disekresikan dan Dikumpulkan Lebah Madu

“Kira-kira produk apa saja yang dicari dan dikumpulkan lebah madu di sarangnya?”. Lebah madu mencari zat-zat sebagai sumber pangan dan energi yang terdapat pada tanaman dan pohon. Kemudian sumber pangan dan energi tersebut dikumpulkan disarangnya untuk mengantisipasi keterbatasan sumber pangan misalnya saat musim hujan atau saat musim tanaman tidak berbunga. Selain itu lebah madu juga mencari zat pembentuk sarang untuk membangun dan menambah kapasitas sarang.

Ada 5 macam zat yang dikumpulkan oleh lebah madu yaitu :

  1. Nektar bunga

Nektar adalah sari bunga tanaman yang mengandung cadangan makanan. Lebah madu membutuhkan nektar sebagai sumber pangan utama. Lebah pekerja selain memakan nektar untuk keperluan sendiri juga mengumpulkan nektar di sarang untuk keperluan koloni lebah. Selain itu Nektar adalah komponen utama dan bahan baku madu. Proses pengolahan untuk menjadi madu terjadi mulai di perut lebah sampai saat penyimpanan di sarang lebah.

  1. Pollen (serbuk sari)

Bunga memiliki 2 alat reproduksi yaitu putik dan serbuk sari. Lebah membutuhkan serbuk sari sebagai sumber pangan protein bagi pertumbuhan larva, metamorfosis dan proses bertelurnya ratu. Lebah madu mengumpulkan dan membawa pollen menggunakan mulut, lidah bahkan bahkan bagian tubuhnya yang berbentuk keranjang. Butir-butir serbuk sari yang melekat pada bunga memiliki ukuran sangat kecil (0,01–0,1 mm) sehingga lebah madu membentuknya menyerupai pellet.

Laju pengumpulan tepung sari searah dengan laju kebutuhan pakan koloni (pakan larva dan pakan lebah madu ketika akan bertelur). Tumbuhan penghasil nektar bisa saja berbeda dengan tumbuhan penghasil serbuk sari. Karena nektar dan serbuk sari sangat dibutuhkan oleh koloni lebah maka suatu koloni lebah madu harus membagi tugas dimana 58-60% mengumpulkan dan membawa nectar ke sarang, 25% mengumpulkan dan membawa tepungsari ke sarang, dan sisanya membawa nectar maupun tepungsari.

  1. Royal Jelly

Royal jelly tidak berasal dari tanaman melainkan dihasilkan oleh lebah pekerja. Lebah pekerja menghasilkan cairan putih yang berasal dari kelenjar hypopharyngeal yang diberinama royal jelly. Royal jelly ditaruh di sarang lebah untuk makanan larva dan makanan ratu lebah.

  1. Lilin

Lilin lebah difungsikan sebagai bahan membangun sarang. Sarang lebah selain digunakan untuk menyimpan serbuk sari dan nektar, juga digunakan untuk tempat tinggal lebah madu, menaruh larva dan membesarkan koloni. Lilin dihasilkan dari kelenjar lilin yang terdapat pada perut lebah. Bila lebah mengkonsumsi 6-8 gram nektar setara dengan produksi satu gram lilin.

  1. Propolis

Lebah madu selain mengumpulkan nektar, dan serbuk sari, juga mengumpulkan resin (getah) dari berbagai jenis tumbuhan. Saat bercampur dengan air liurnya berubah menjadi zat disinfektan untuk menjaga sarang lebah dari predator. Selain itu Propolis digunakan untuk mendempul retakan, menutup celah-celah, dan menutup lubang dari luar

Propolis dapat diolah menjadi komoditas berharga tinggi, saat dijual ke pasar. Beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu mengolah hingga menjadi bentuk cair dan diletakkan pada suhu ruangan. Propolis yang melekat pada sarang dapat dipisahkan melalui 2 cara yaitu :

Aquoeus (air) Extraction Propolis (AEP), yakni ekstraksi dengan pelarut air.

Ethanol Extraction Propolis (EEP), yakni ekstraksi dengan pelarut ethanol (alkohol).

Tinggalkan Balasan

BERKUALITAS, BERSAING, BAROKAH
Sekumpulan anak muda yang tertarik dan menggeluti dunia pertanian di derah Probolinggo. Berinovasi mengelola Sengon tumpang sari dengan rempah-rempah. Tidak berhenti disana, kami menganalisa, dan mendalami permasalahan pertanian dari mulai budidaya, penanganan pasca panen, pasar komoditas pertanian dan inspirasi bisnis pertanian sukses melalui tulisan dan video. Mimpi kami, menginspirasi pemuda Indonesia untuk bertani, petani untuk mensuplai komoditas berkualitas ekspor dan memandang pertanian sebagai bisnis yang harus dikelola secara professional.
Berlangganan Nandurwit via Email
Daftarkan emailmu dan dapatkan informasi terbaru dibidang pertanian, baik event, harga bibit terbaik, dll.
LOCATION
 Perum Leces Permai A No. 25 RT. 001 RW. 006
Leces Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Indonesia  +62822 3055 2930

Apabila Ada kendala dalam pembelian, Anda bisa melakukan pembeliannya via WhatsApp dengan 087 750 118 140 Dismiss

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.

Cart