No. HP Nandurwit: +62822 3055 2930

Mengenal Beragam Warna dan Rasa pada Madu

Warna madu berbeda-beda, dari yang kuning jernih sampai yang berwarna kehitam-hitaman. Warna madu asli dapat menandakan sifat khusus pada suatu jenis madu tertentu, warna madu mengikuti tanaman yang menjadi sumbernya (zat warna caroteriodes dan zat tanic dalam tanaman). Bening atau tidaknya warna madu sangat ditentukan oleh partikel yang tercampur, misalkan terdapat pollen/serbuk sari atau tidak didalamnya.

Berikut contoh madu komersial dengan beragam warna yang ada di pasar dalam atau luar negeri, antara lain :

  1. Warna madu yang kuning contohnya Madu Kaliandra, Madu Dandelion, Madu Akasia, Madu Blueberry, Madu Eucalyptus dan Madu Alfalfa. Madu kuning umumnya tidak mudah mengkristal.
  2. jenis warna madu hutan asli yaitu hitam, Makin gelap warna madu maka semakin tinggi kandungan mineral didalamnya. Selain itu madu yang berwarna lebih gelap juga mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari madu warna lainnya. Namun Madu berwarna hitam memiliki rasa yang lebih pahit dan tidak terlalu disukai konsumen. Jenis madu yang berwarna gelap lainnya yaitu Madu Alpukat,
  3. Warna kehijauan menandakan jenis madu embun (dew honey). Embun madu tidak di ambil dari nektar bunga, tetapi berasal dari zat manis lengket berupa sekresi serangga lain atau dari getah tanaman yang dihisap serangga lain. Lebah mengambil zat manis di atas daun dan kulit pohon bila ketersediaan nektar terbatas. Jenis madu lain yang berwarna hijau yaitu Madu pohon limau dan Madu Willow.
  4. Madu berwarna putih bisa disebabkan oleh campuran dari madu biasa dan royal jelly yang merupakan makanan larva dan ratu yang dominan warna putih atau disebabkan warna kristal glukosa alami yang ada dalam madu seperti madu kelulut asli.
  5. Madu Cengkeh berwarna oranye.
  6. Sedangkan contoh Madu yang berwarna merah adalah Madu Thyme

Karakteristik madu bila dipanaskan akan menimbulkan efek karamelisasi atau warna berubah menjadi coklat / gelap. Hal ini disebabkan kandungan protein melanoidins. Selain itu efek karamelisasi pada madu dapat terjadi dalam kondisi suhu kamar (25 – 27 ºC). Itu sebabnya madu yang disimpan dalam waktu yang lama cenderung akan tampak lebih gelap dibanding madu sejenis yang lebih fresh.

Madu memiliki rasa yang beragam ada yang manis, manis pahit, manis asam, atau dominan pahit. Kandungan glukosa dan fruktosa pada madu menyebabkan rasa madu menjadi manis. Sedangkan pahit dapat ditimbul karena sedikitnya kandungan glukosa dan fruktosa serta disebabkan oleh nektar madu berasal dari kuncup bunga pohon-pohon yang berasa pahit, seperti pohon pelawan, paitan, kaliandara, dan mahoni.

Kejernihan warna pada Madu juga ditentukan pada teknologi pemisahannya. Karena madu yang dipanen harus dipisahkan dari sarangnya. Ada 2 teknologi pemisahan madu dari sarangnya yaitu proses ekstraksi dan proses peras (strained honey). Proses ekstraksi yaitu pemisahan dengan menggunakan system sentrifugal sedangkan proses peras dengan menggunakan alat press mekanik.

Selain itu yang membedakan karakteristik madu berdasarkan sumber letak geografinya. Hal ini terkait dengan penyebaran tanaman penghasil nektar, penyebaran jenis lebah madu maupun iklim. Sarang lebah umumnya berisi madu pada musim tanaman berbunga dan pada musim panas. Madu pahit biasanya dihasilkan di daerah Babel (pohon Pelawan), Hutan Kalimantan (pohon kaliandara, dan mahoni). Di Pontianak ada Madu Kelulut dan di Lombok ada madu Trigona/Klanceng yang memiliki rasa manis asam.

Tinggalkan Balasan

BERKUALITAS, BERSAING, BAROKAH
Sekumpulan anak muda yang tertarik dan menggeluti dunia pertanian di derah Probolinggo. Berinovasi mengelola Sengon tumpang sari dengan rempah-rempah. Tidak berhenti disana, kami menganalisa, dan mendalami permasalahan pertanian dari mulai budidaya, penanganan pasca panen, pasar komoditas pertanian dan inspirasi bisnis pertanian sukses melalui tulisan dan video. Mimpi kami, menginspirasi pemuda Indonesia untuk bertani, petani untuk mensuplai komoditas berkualitas ekspor dan memandang pertanian sebagai bisnis yang harus dikelola secara professional.
Berlangganan Nandurwit via Email
Daftarkan emailmu dan dapatkan informasi terbaru dibidang pertanian, baik event, harga bibit terbaik, dll.
LOCATION
 Perum Leces Permai A No. 25 RT. 001 RW. 006
Leces Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Indonesia  +62822 3055 2930

Apabila Ada kendala dalam pembelian, Anda bisa melakukan pembeliannya via WhatsApp dengan 087 750 118 140 Dismiss

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.

Cart