No. HP Nandurwit: +62822 3055 2930

Kualitas Madu dan Tips Membedakan Madu Asli vs Palsu

Pada umumnya masyarakat memilih madu berdasarkan harga, ukuran, kemasan dan kualitas. Madu yang berkualitas buruk ditandai dengan terdapat sisa lilin dan tubuh lebah madu karena jeleknya proses penyaringan. Madu hutan memiliki warna lebih gelap karena kadar mineralnya lebih tinggi.

Kualitas nektar yang dihisap oleh lebah sangat bergantung pada subur tidaknya bunga, dan keadaan lingkungan. Variasi madu yang dihasilkan dapat diatasi dengan metode “honey blending” untuk mencapai spesifikasi mutu tertentu dan menyesuaikan selera pasar.

Madu diperjualbelikan dalam bentuk madu perasan yang telah melalui proses penyaringan dan dikemas dalam botol. Normalnya satu sarang lebah hutan yang dipanen setahun sekali dapat menghasilkan 30 kilogram madu. Sedangkan lebah yang diternakkan pada daerah perkebunan mampu menghasilkan madu yang lebih banyak.

 

Standar Mutu Madu Komersial

Madu komersial yang aman untuk dikonsumsi di pasar salah satunya ditandai dengan label standar (SNI) no 01-3545-2004. Label SNI bisa menjadi rujukan kualitas madu untuk masuk ke pasar retail, industry bahkan di jual ke pasar ekspor. Label SNI pada madu yang dijual dipasar juga memberikan kepercayaan pada konsumen.

Beberapa hal yang diatur dalam standar mutu Madu yaitu :

  • kandungan sukrosa maksimal 10%
  • Kadar air maksimal 22%
  • Keasaman maksimal 40 ml NaOH 1 N/Kg
  • Padatan tak larut air maksimal 0,5%
  • Aktivitas enzim diastase minimal 3 DN
  • Hidroksimetil fufural (HMF) maksimal 40 mg/Kg
  • Cemaran logam dalam jumlah rendah

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan Madu yaitu :

  1. Sifat madu sangat higroskopis (mudah menyerap air) pada udara terbuka. Padahal keberadaan air di atas 22% pada Madu potensi sebagai tempat perkembangan mirkoba. Indonesia memiliki kelembaban udara yang tinggi sehingga mempercepat sifat higroskopis Madu dalam menyerap air. Madu akan semakin encer dan mudah terfermentasi serta merubah rasa dan aroma aslinya. Untuk mengantisipasi hal tersebut madu perlu dikemas pada wadah kedap udara.
  2. Selain itu pemanasan pada suhu tinggi lebih besar dari 60 ºC, juga berpotensi menguapkan zat yang mudah menguap pada Madu. Alternatifnya perlu dihindari dari terkena sinar Matahari. Suhu penyimpanan untuk madu yang terbaik adalah 36 – 38 ºC dengan kelembaban 75 – 78 persen.
  3. Menyimpan madu di dalam wadah logam atau mengambil dengan sendok logam potensi memicu reaksi kimia.

 

Membedakan Madu Asli vs Palsu

Walaupun demikian ada saja oknum nakal memalsukan dan memperjualbelikan produk madu. Diduga pembuatan madu palsu berasal dari campuran madu dengan larutan glukosa, sirup jagung fruktosa tinggi atau bahan-bahan lain yang berbahaya. Beberapa dampak bila rutin mengkonsumsi madu palsu yaitu : memicu kenaikan berat badan, diabetes, gagal ginjal, bahkan potensi kanker.

Beberapa jenis pemalsuan pada Madu yaitu :

  1. Pemalsuan mutu, melakukan pemanasan untuk menurunkan kadar air madu.
  2. Pemalsuan jumlah/volume, dengan mencampurkan gula/madu buatan ke dalam madu asli.
  3. Pemalsuan menyeluruh, yakni madu yang diklaim “asli” padahal sebenarnya 100 persen buatan.

Tips membedakan Madu Asli vs Palsu antara lain :

  1. Pada umumnya Madu tidak larut dalam air, apabila tetesan madu terapung atau larut dalam air, maka dapat disimpulkan madu tersebut adalah campuran.
  2. Air yang dituangkan pada kertas akan menyebabkan kertas mudah robek, bila madu ditetaskan pada kertas memiliki dampak yang sama maka dapat disimpulkan madu tersebut adalah campuran.
  3. Telah dijelaskan Madu memiliki zat yang mudah menguap saat dipanas, bila madu dipanaskan menghasilkan gelembung-gelembung maka dapat disimpulkan madu tersebut asli.
  4. Salah satu sifat air adalah membeku pada suhu di bawah 0 ºC. Bila madu di letakkan di freezer dan membeku maka dapat disimpulkan madu tersebut adalah campuran.
  5. HMF pada madu berfungsi memecah glukosa dan fruktosa agar tidak terjadi granulasi. Madu yang mengalami granulasi pada suhu kamar dan diletakkan dalam botol tertutup dapat disimpulkan madu tersebut campuran.

Tinggalkan Balasan

BERKUALITAS, BERSAING, BAROKAH
Sekumpulan anak muda yang tertarik dan menggeluti dunia pertanian di derah Probolinggo. Berinovasi mengelola Sengon tumpang sari dengan rempah-rempah. Tidak berhenti disana, kami menganalisa, dan mendalami permasalahan pertanian dari mulai budidaya, penanganan pasca panen, pasar komoditas pertanian dan inspirasi bisnis pertanian sukses melalui tulisan dan video. Mimpi kami, menginspirasi pemuda Indonesia untuk bertani, petani untuk mensuplai komoditas berkualitas ekspor dan memandang pertanian sebagai bisnis yang harus dikelola secara professional.
Berlangganan Nandurwit via Email
Daftarkan emailmu dan dapatkan informasi terbaru dibidang pertanian, baik event, harga bibit terbaik, dll.
LOCATION
 Perum Leces Permai A No. 25 RT. 001 RW. 006
Leces Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Indonesia  +62822 3055 2930

Apabila Ada kendala dalam pembelian, Anda bisa melakukan pembeliannya via WhatsApp dengan 087 750 118 140 Dismiss

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.

Cart